Site icon Chaka Solution

Cara Beriklan di Instagram

Cara Beriklan di Instagram dengan Instagram Ads - Chaka Solution

Cara Beriklan di Instagram

Cara Beriklan di Instagram | Instagram, platform media sosial yang satu ini memang tidak pernah sepi dari pengguna dari berbagai belahan dunia. Bahkan hingga saat ini, Instagram masih menjadi media sosial yang diunggulkan.

Menurut laporan Napoleon Cat, pada November 2021 terdapat 91 juta pengguna instagram di Indonesia yang didominasi oleh usia 18-24 tahun lalu disusul oleh pengguna berusia 23-34 tahun.

Dengan banyaknya pengguna di Indonesia, Instagram kerap kali juga digunakan sebagai penunjang bisnis baik untuk perorangan maupun perusahaan mulai dari bisnis rumahan hingga korporasi besar dan untuk bisnis konvensional hingga bisnis online.

Saking banyaknya pengguna, hampir sebagian besar pelaku usaha berpikir keras bagaimana memenangkan persaingan demi mendapatkan attention dari market yang telah ditarget. Hal ini mulai dari pembuatan konten berkualitas, berkolaborasi, mengadakan event dan giveaway hingga menggunakan layanan periklanan dari Instagram itu sendiri.

Ada banyak cara beriklan di instagram seperti berkolaborasi dengan pihak-pihak yang related dengan bisnis kita, menggunakan jasa influencer baik mikro maupun makro hingga menggunakan fitur iklan berbayar yang telah disediakan oleh Instagram. Artikel kali ini akan membahas cara beriklan di instagram menggunakan Instagram ads.

Cara Beriklan di Instagram

Cara Beriklan di Instagram dengan Instagram Ads.

  1. Pilih postingan yang akan diiklankan
  2. Tersedia 2 pilihan beriklan : 1. Menggunakan akun facebook; 2. Menggunakan akun Instagram. Kali ini kita pilih opsi kedua yaitu menggunakan akun Instagram saja.
  3. Pilih goal atau sasaran
    – More profile visits (target iklan untuk meningkatkan kunjungan ke profile Instagram kita)
    – More website visits (target iklan untuk meningkatkan kunjungan website kita)
    – More messages (target iklan untuk mengirimkan pesan melalui whatsapp atau direct message/DM)
    Kali ini, kita mencoba target more message melalui DM, lalu klik Next
  4. Pilih target audience (pelanggan).
    – Jika kamu tidak tahu siapa targetmu, silahkan pilih Automatic (Instagram akan menargetkan orang-orang yang mirip dengan follower yang kita miliki).
    – Jika kamu tahu siapa target yang akan dituju, kamu bisa memilih opsi : create your own target / buat target baru.
    Di sini kita mencoba memilih target baru yang kita ketahui kriterianya.
  5. Untuk menentukan target sendiri, Instagram menyediakan 4 list yang harus diisi seperti :
    a. Berikan nama target (ini bebas mau kamu isi apa saja)
    b. Tentukan lokasi (bisa langsung nama negara atau nama wilayah yang lebih kecil/provinsi/kabupaten/kota atau bisa juga dari jarak yang kita inginkan)
    c. Pilih minat pelanggan – kamu ingin beriklan ke pelanggan yang punya minat pada apa ? – bisa dari hobi, pekerjaan dan lainnya.
    d. Pilih rentang usia pelanggan (tersedia pilihan usia mulai dari 18 – 65 tahun) dan juga jenis kelamin (pria / wanita / semuanya)
  6. Selanjutnya kamu pilih durasi iklan dan besarnya budget iklan yang kamu miliki.
    Di sini, jika kamu baru pertama kali beriklan, kamu bisa mencoba di budget paling minim yaitu sebesar Rp. 20.000,-/hari dan kamu tentukan berapa hari kamu akan beriklan (mungkin kamu bisa mencoba 1-3 hari).
  7. Dalam hal budget dan durasi, semakin besar dan semakin lama iklan yang kamu pasang, kamu akan mendapatkan reach / menjangkau pelanggan lebih banyak.
  8. Langkah terakhir adalah menentukan pembayaran.
  9. Untuk pembayaran, kamu harus menentukan negara (Indonesia), mata uang (Rupiah), dan zona waktu (Jakarta).
  10. Pilih jenis pembayaran yang kamu miliki. Instagram menyediakan 5 pilihan seperti :
    – Debit / credit card
    – Transfer bank melalui BNI
    – Transfer bank melalui Mandiri
    – Transfer bank melalui bank lainnya
    – Doku Wallet
  11. Setelah kamu memilih pembayaran yang diinginkan, Instagram akan memverifikasi pilihan tersebut dan jika berhasil, langkah terakhir adalah menekan tombol : Boost post / pasang iklan.

Sampai di sini, proses pemasangan iklan di Instagram kamu sudah selesai. Kamu tinggal menunggu notifikasi dari Instagram. Jika iklan kamu disetujui, maka iklan tersebut akan segera tayang otomatis sesuai dengan durasi yang telah kamu pilih.

Jika iklan kamu tidak disetujui, mungkin postingan yang kamu pilih bertentangan dengan aturan yang dikeluarkan oleh Instagram. Kamu bisa memilih postingan lainnya dan mencoba kembali cara beriklan di instagram dengan mengikuti langkah 1 – 11 di atas.

Mungkin kamu tertarik membaca ini juga : Cara mengganti font instagram

Demikianlah informasi tentang salah satu cara beriklan di Instagram yang bisa kamu coba. Perlu kamu ingat dalam memasang iklan ini, kamu harus melakukan analisa antara budget yang kamu keluarkan dengan hasil / report yang diberikan oleh Instagram supaya kamu tidak membuang budget dengan sia-sia.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Jika membutuhkan jasa instagram ads, kamu bisa menghubungi : 087777349272

Exit mobile version